Manfaat Gym Ball Untuk Ibu Hamil

Manfaat Gym Ball Untuk Ibu Hamil

Latihan fisik menggunakan Gym Ball akan bermanfaat untuk mengurangi nyeri punggung dan nyeri panggul pada ibu hamil, terutama pada trimester ketiga kehamilan.
Penggunaan Gym Ball sesaat sebelum persalinan dapat mengurangi
nyeri persalinan dan nyeri kontraksi. Selain itu latihan dengan Gym Ball
dapat membantu memindahkan bayi ke posisi yang optimal untuk persalinan normal yang lebih mudah.

Sebuah studi pada tahun 2015 berhasil mengungkapkan tentang manfaat gym ball untuk ibu hamil seperti:
1. Dapat Mengurangi Nyeri Punggung
Cara menggunakan gym ball untuk ibu hamil sebaiknya melalui pengawasan yang ketat oleh tenaga ahli, atau minimal Ibu bisa mempelajarinya terlebih dahulu karena tidak bisa digunakan sembarangan terutama saat sedang hamil. Saat hamil, area tubuh bagian belakang terutama punggung, panggul, dan perut biasanya akan mengalami nyeri atau pegal-pegal yang tak karuan. Menurut beberapa orang yang sudah berpengalaman menggunakannya, manfaat gym ball untuk ibu hamil mampu mengurangi rasa nyeri dan pegal-pegal yang ditimbulkan.

2. Dapat Digunakan Sebagai Tempat Duduk yang Nyaman
Ibu hamil memang membutuhkan kenyamanan yang extra, misalnya tidur dengan bantal yang banyak, sepatu flat shoes yang menyelamatkan hari-hari Ibu ketimbang stiletto, hingga tempat duduk yang nyaman dan mampu membentuk anggota tubuh seperti saat duduk di atas gym ball. Ya benar sekali, manfaat gym ball untuk ibu hamil dapat digunakan sebagai tempat duduk yang super nyaman dan tetap aman karena anti slip.

3. Memberi Ruang Gerak untuk Bayi
Manfaat gym ball untuk ibu hamil selanjutnya adalah
saat duduk di atasnya dalam posisi tegak, ini akan mendorong
pembukaan otot panggul Ibu sehingga akan memberikan ruang gerak bagi bayi yang belum juga turun ke posisi yang benar padahal hari perkiraan lahir sudah mulai dekat. Cara menggunakan gym ball untuk ibu hamil dengan latihan yang tepat juga dapat memberikan manfaat yang tepat pula.

4. Membantu Mengurangi Stress dan Kecemasan
Perasaan galau, gundah gulana, penuh dengan stress, hingga kecemasan memang
sering kali menghampiri ibu hamil yang memiliki kondisi psikis dan emosi berbeda-beda. Cara menggunakan gym ball untuk ibu hamil dengan latihan tertentu mampu meredakan stress dan kecemasan ini.
Selain itu, manfaat gym ball untuk ibu hamil juga dapat membuat Ibu lebih percaya diri saat melahirkan nantinya.

5. Tersugesti Persalinan yang Menyenangkan
Persalinan adalah proses yang menyakitkan, apapun bentuk persalinan yang dipilih, semua Ibu hampir setuju karena hal ini. Namun sejumlah penelitian mengungkapkan, ibu hamil yang melahirkan dan rutin melakukan latihan menggunakan gym ball untuk ibu hamil selama 30 menit setiap hari cenderung memiliki rasa sakit yang berkurang setelah proses persalinan. Tak hanya itu saja, rasa cemas yang muncul berangsur-angsur membaik dan hilang.

Ada beberapa latihan fisik yang dapat dilakukan ibu hamil dengan gym ball, yaitu:
1. Latihan Memantul
Alat ini bisa membantu memperkuat kaki dan kemampuan keseimbangan ibu hamil. Menjelang persalinan, latihan ini berguna untuk memberikan tekanan balik.

2. Latihan Memiringkan Panggul
Tempatkan bola ke dinding dan duduk dengan punggung menyentuh bola. Ini adalah cara yang baik untuk memperkuat punggung bawah dan rahim.

3. Latihan Hula Hoop

Duduklah dengan kuat di atas gym ball dengan tangan bertumpu di pinggul. Buat gerakan melingkar yang besar dengan pinggul, seperti yang dilakukan penari hula hoop. Latihan ini bagus untuk dasar panggul dan paha ibu.

4. Angkat Bola

Ini adalah latihan yang bagus untuk mengencangkan lengan dan sedikit meregangkan tulang belakang. 

Nah, berikut ini beberapa jenis dan varian ukuran gym ball yang dapat digunakan oleh Ibu hamil:

    

Sumber: halodoc.com & Ibupedia